Langsung ke konten utama

APANYA SPEKTAKULER? SPEKTAKULER DARI HONGKONG!!!


Surat Dinas Pendidikan yang memiliki sifat penting, bernomor 895.3/D.1/8495/2018, perihal pengiriman peserta, dan ditandatangani  oleh atas nama Bapak Teuku Miftahudddin, S.Pd., M.Pd ini ditujukan kepada Kepala SMA/SMK/SLB agar mengirimkan minimal 2 orang guru untuk mengikuti Kegiatan Sosialisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Workshop Literasi Produktif/Satu Guru Satu Buku (Sagusaku). Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di 23 kabupaten/kota dengan menghadirkan Pelatih Nasional.

Surat legalitas bagi IGI untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini diedarkan dari Banda Aceh tertanggal 4 September 2018 dan sesuai dengan program “Aceh Carong” yang menjadi fokus kerja Dinas Pendidikan Aceh .  Isi surat  juga mengharapkan keterlibatan pengawas sekolah. Pada tahun 2018 ini, Dinas Pendidikan Aceh  ingin menuntaskan GLS di sekolah-sekolah menengah di seluruh Aceh.

Selanjutnya dijelaskan dalam surat itu bahwa kepala-kepala sekolah dapat menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masing-masing sekolah sesuai dengan juknis yang berlaku atau sumber lain yang mengikat untuk membantu memenuhi kebutuhan guru untuk mengikuti kegiatan Sagusaku tersebut.


Dengan terbitnya surat dukungan, kegiatan pelatihan menulis buku di 23 kabupaten/kota di Aceh dari Dinas Pendidikan Aceh maka organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Bener Meriah (IGI BM) dengan dibantu oleh IGI wilayah Aceh dan Tim Literasi Aceh bergerak untuk mewujudkan kegiatan workshop Satu guru satu buku (Sagusaku) hadir di Negeri di atas awan ini. IGI wilayah Aceh dan Tim Literasi Aceh malah memberi tajuk kegiatan ini dengan  nama Roadshow “Spektakuler” Sagusaku dengan tema “Upgrading Kompetensi Guru dalam mewujudkan Bener Meriah yang Berbudaya Literat. Merasa mendapat rekomendasi langsung dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh maka IGI BM mensosialisasikan perintah Kepala Dinas itu melalui berbagai upaya.

Usaha yang dilakukan oleh IGI BM yaitu mensosialisasikan kegiatan mulia ini sesuai dengan isi surat kepada ketua MKKS SMA/SMK atau kepada kepala-kepala SMA/SMK baik melalui pertemuan langsung, WA grup, telepon, Facebook dan lain sebagainya. Kegiatan sebelum hari H lainnya diantaranya adalah menentukan tempat kegiatan, membuat spanduk, membentuk panitia pelaksana, membuat proposal, mencari donatur kegiatan, membuat dan mengirimkan surat khususnya kepada Bapak Bupati Kabupaten Bener Meriah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kemenag Kabupaten Bener Meriah dan kerja sibuk yang sangat menyita waktu lainnya.


Berdasarkan isi surat Dinas Pendidikan, tentu saja kegiatan kali ini, IGI BM tidak memperdulikan masalah jumlah peserta seperti kegiatan pelatihan IGI BM sebelumnya yang biasanya jumlah pesertanya minim. Surat itu menjelaskan bahwa tiap SMA/SMK/SLB di BM agar mengirimkan minimal 2 orang guru sebagai peserta. Ada 28 SMA/SMK/SLB di Kabupaten Bener Meriah yang dibawah naungan Dinas Pendidikan Aceh. Jika Kepala SMA/SMK/SLB mengirimkan 2 guru saja maka jumlah peserta akan berjumlah 56 orang. Konon lagi jika ada kepala sekolah yang mengirimkan peserta lebih dari 2 orang, maka tentunya jumlah partisipannya akan bertambah lagi. Jika hanya 56 peserta saja ini sudah merupakan record jumlah peserta terbanyak selama IGI BM menyelenggarakan Kegiatatan.

Sebelum acara kegiatan Sagusaku berlangsung, jumlah anggota IGIERS BM adalah 207 orang dan merupakan jumlah nomor empat terbesar dari segi jumlah anggotanya di wilayah Aceh setelah IGI Kabupaten Aceh Timur, IGI Kabupaten Aceh Utara, dan IGI Pidie. Mengingat IGIERS BM tidak hanya guru – guru SMA/SMK dan sebahagian besar guru-guru SMA/SMK bahkan SLB bukan anggota IGI BM maka panitia kegiatan juga memberi kesempatan kepada anggotanya yang berasal dari guru-guru SD/MI, SMP/MTs dan MA untuk bergabung mensukseskan pelatihan menulis buku ini hingga terbit ber-ISBN menjadi peserta yang tentunya dengan biaya investasi Rp. 100.000,- per peserta. Pengaruh ikut berpartisipasinya IGIERS BM  tentunya diharapkan dapat meningkatkan kuantitas peserta pelatihan.


IGI BM melayangkan surat kepada Bapak Plt. Bupati Kabupaten Bener Meriah agar dapat membuka kegiatan ini. IGI BM juga mengirimkan surat kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kemenag Kabupaten Bener meriah yang isinya untuk dapat mendukung kegiatan ini sekaligus meminta izin merekomendasikan pelatihan ini kepada Kepala-kepala SMP/MTs, SD/MI serta TK agar kepala-kepala sekolah/madrasah yang dimaksud supaya mengirimkan guru-gurunya.

Hari Rabu, 26 September 2018, bertempat di SMA Negeri 1 Bukit tepatnya di Jantung Ibukota Kabupaten Bener Meriah, Redelong, IGI BM menyaksikan sendiri kata “ Spektakuler” yang berarti wah, sangat dahsyat yang digaungkan oleh IGI wilayahdan Tim Literasi Aceh tidak berlaku di daerah Bener Meriah. Plt. Bupati Bener Meriah yang berhalangan hadir untuk membuka yang dipandu Pelatih Nasional Supri Hadi, S.Pd asal Kalimantan Timur itu memberikan disposisi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah untuk mewakilinya membuka acara, Bapak Drs. Rayendra, Kadisdik BM sangat mengapresiasi kegitan ini. Yang mengejutkan adalah peserta dari guru madrasah walaupun tidak terlalu signifikan tetapi ada kecenderungan meningkat. Kepala Kemenag Bener Meriah, Bapak Saidi, S.Ag.,MA ternyata merekomendasikan kegiatan Sagusaku kepada beberapa kepala madrasah. Jumlah peserta workshop Sagusaku dari guru-guru MI dan Mts ada 8 orang. Sedangkan keterwakilan guru SD dan SMP pada kegiatan ini hanya 2 orang guru saja.


IGI wilayah Aceh dan Tim Literasi Aceh mungkin berpendapat bahwa kegiatan Roadshow ini spektakuler karena diselenggarakan di 23 kabupaten/kota se Aceh dalam waktu 2 minggu serta menghadirkan Pelatih Nasional yang mumpuni serta sudah melahirkan banyak buku. Tapi kata spektakuler menjadi kata yang naif bagi IGI BM. Di mata IGI BM, kata yang berarti sangat dahsyat itu hanya hayalan, bualan, absurd, sangat berlebihan dan suatu keniscayaan. “Wah” itu tidak dapat dijangkau oleh IGI BM. IGI BM tidak merasakan sensasinya. IGI BM hanya dapat terpelongo dan berdecak kagum atas IGI daerah lainnya yang merasakan kejutan kata super itu.
Tidak ada spektakuler tanpa melibatkan jumlah peserta yang luar biasa banyak. Tetapi peserta Workshop Sagusaku BM tidak lebih dari 35 orang. Surat perintah super sakti Kepala Dinas Pendidikan Aceh tidak mempan di Bener Meriah. Berikut ini data peserta Sagusaku BM :

No.            Nama Sekolah                         Jumlah Peserta
1               SMA N 1 Bandar                                 0
2               SMA N 2 Bandar                                 6
3               SMA N 1 Mesidah                                0
4               SMA N 1 Permata                                1
5               SMAS TERP.  Darussadah                     0
6               SMA TERP.  Bustanul Ulum                   0
7               SMA N 1 Bukit                                     5
8               SMA N 2 Bukit                                     0
9               SMA N 3 Bukit                                     2
10             SMA N Unggul Binaan                           0
11             SMA N 1 Timang Gajah                         0
12             SMA N 2 Timang Gajah                         0
13             SMA N 3 Timang Gajah                         5
14             SMA N 1 Pintu Rime Gayo                     0
15             SMA N 2 Pintu Rime Gayo                     0
16             SMAS TERP.  Aswaja                            1
17             SMAS TERP. Bustanul Ulum 1                0
18             SMAS TERP. Bustanul Ulum 2                0
19             SMAS TERP. Haqqul Mubin                    0
20             SMAS TERP. Seumayon Nusantara         1
21             SMK N 1 Bener Meriah                          0 
22             SMK N 2 Bener Meriah                          0
23             SMK N 3 Bener Meriah                          0
24             SMK N 4 Bener Meriah                          0
25             SMK N 5 Bener Meriah                          2
26             SMK Hidayatul Insani Abadi                   1
27             SLB Pondok Gajah                                0
28             SLB Pante Raya                                    0
28             Pengawas Sekolah                                0

   Keterwakilan guru SMA/SMK/SLB                        24


Dari data diatas tampak bahwa hanya beberapa kepala sekolah SMA/SMK/SLB mengirimkan hingga peserta. Bahkan ada Kepsek SMA merestui  5, 6 gurunya menjadi peserta pelatihan. Banyak kepala sekolah tidak mengirimkan peserta sama sekali. 

SPEKTAKULER…… APANYA SPEKTAKULER? SPEKTAKULER DARI HONGKONG!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESERTA 'BERMASKER' WARNAI PELATIHAN MENULIS BUKU IGI BM

        Ditengah merebaknya kasus Virus Corona (COVID-19) saat ini, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bener Meriah (BM) melalui dukungan Cabdin BM dan bekerjasama dengan SMAN Unggul Binaan (UBIN) BM menyelenggarakan pelatihan menulis buku bagi guru IGIERS BM.         Pelatihan yang bertajuk "30 hari guru/TU berkarya" itu berlangsung di Aula SMAN UBIN BM dan menghadirkan pelatih, pemuisi, cerpenis, penulis buku Ibu Lasma Farida, dan dibantu oleh sang suami tercintanya, Bapak Turham AG yang juga merupakan seorang Dosen IAIN Gajah Putih Takengon, Jum'at 21 Maret 2020.          Ada suasana lain dari pelatihan IGI BM kali ini, dimana baik pelatih dan terutama peserta pelatihan menggunakan masker untuk mengantisipasi dampak Virus yang dikenal kejam itu. Mengapa IGI BM menyelenggarakan pelatihan guru di saat pandemik ini? Apa tidak takut Virus Corona? Kenapa pelatihannya tidak dilaksanakan dengan Daring?         IGI BM merasa perlu mengadakan pelatihan ini den

IGI BANTU MASYARAKAT BENER MERIAH YANG TERDAMPAK CORONA

        Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bener Meriah (BM) menyalurkan bantuan kemanusian kepada 3 keluarga di Kampung Hakim Tunggul Naru, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Jum'at, 17 April 2020. Bantuan di serahkan langsung oleh Ketua IGI BM, Almin Sutoyo dan dibantu oleh IGIERS BM, Gunawan melalui sistem door to door. Tiap paket bantuan yang diserahkan berupa bahan pokok berupa 1 karung Beras, 1 papan Telur Ayam Ras, 1liter Minyak Goreng kemasan, dan 1 kotak Mie Instan.          Adapun sumber bantuan berasal dari donasi IGIERS BM . Selama ini, Guru-Guru IGI BM menyalurkan bantuannya melalui Bank Aceh dengan nomor rekening 05202036601221 atas nama Indah Mayasari.          Setelah hampir 3 minggu, terkumpullah Dana Rp. 760.000,-, ditukar menjadi 3 paket bahan pokok sehingga dapat disalurkan hari ini. Walaupun jumlah bantuannya tidak besar tetapi dipastikan sampai ketangan masyarakat BM yang membutuhkan karena diantar langsung.          Semoga paket bantuan bahan